STMIK JENDERAL ACHMAD YANI

December 21, 2016

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jenderal Achmad Yani (STMIK Jenderal Achman Yani) Yogyakarta adalah perguruan tinggi di bawah naungan Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), sebuah yayasan milik TNI angkatan darat (TNI AD) yang berkedudukan di Jakarta. YKEP berdiri tahun 1972, pertama kali dipimpin oleh KSAD Letnan Jenderal Umar Wirahadikusumah. Selanjutnya jabatan Ketua Dewan Pembina yayasan dijabat secara ex-officio oleh Kepala Staf TNI AD (KSAD). YKEP memiliki perhatian, kepedulian dan komitemn yang tinggi untuk ikut serta mencerdaskan dan meningkatkan daya saing bangsa, melalui lembaga – lembaga pendidikan tinggi di bawah naungannya.
Sebelum menjadi sekolah tinggi dengan nama STMIK Jenderal Achmad Yani, merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggrakan pendidikan Informatika jenjang D3 dengan nama Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Kartika Yani (AMIK Kayani). AMIK Kayani baru berdiri pada tanggal 2 Januari 1996 berdasarkan SK Mendikbud No. 73/D/O/1996 dan Memiliki 2 (Dua) Program Studi (Prodi), Yaitu Prodi D3 Teknik Komputer (TK) serta Prodi D3 Manajemen Informatika (MI)

Berawal dari keinginan untuk menjadikan AMIK Kartika Yani sebagai sebuah Sekolah Komputer berkualitas yang mampu menghasilkan lulusan – lulusan unggul dan mampu bersaing, serta mampu memberikan konstribusi intelektual bagi pengembangan masyarakat maka dipandang perlu untuk melakukan perubahan bentik AMI Kartika Yani, dari sebuah Akademi penyelenggara Program D3 menjadi Sekolah Tinggi yang menyelenggarakan Program S1 dan D3. Semenjak tanggak 10 oktober 2008 telah di terbitkan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No: 215/D/O/2008 tentang Perubahan bentuk dari AMIK Kartika Yani menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Jenderal Achmad Yani.

No Comments